Melalui Komitmen dengan University of Bremen, Rektor Untirta Memastikan Kesuksesan ‘Project Press’

Posted on

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman ST, M.T., memenuhi undangan University of Bremen pada hari Senin tanggal 5 Juni 2023. Di dampingi oleh Kepala UPT Pusat Layanan Internasional, Dr. Udi Samanhudi dan Kordinator Pusat Penelitian LPPM Dr. -Ing. Muhammad Iman Santoso, Rektor Untirta disambut oleh Prof. Ingo Eilks sebagai ketua peneliti proyek PRESS (Promoting on Relevant Education in Science for Sustainability) dan tim untuk membahas inisiasi proyek penelitian yang didanai oleh European Union melalui The European Education and Culture Executive Agency (EACEA). Project penelitian internasional ini berorientasi pada penguatan serta pengembangan pendidikan sains berbasis pada konsep berkelanjutan (sustainabilty for better future). Kesesuaian proyek ini sangat relevant dengan visi dan misi Untirta sebagai Universitas yang berkomitmen pada perwujudan kampus hijau dan berkelanjutan.

Dalam kesempatan ini, Rektor Untirta menyatakan komitmen dan kesiapan Untirta untuk mendukung keberhasilan program penelitian yang akan berlangsung selama 3 tahun sampai dengan tahun 2025. Rektor Untirta juga menekankan bahwa program penelitian ini akan sangat bermanfaat bagi tim peneliti Untirta yang terlibat sebagai media untuk dapat berkontribusi pada dunia melalui program penelitian berskala internasional. Khusus bagi Untirta, program ini akan menghasilkan satu paket modul pembelajaran yang berfokus pada peningkatan kesadaran dan penguatan pemahaman terkait konsep-konsep berbasis lingkungan dan berkelanjutan yang dapat di praktekan langsung dalam kehidupan sehari-hari baik oleh guru, siswa maupun sivitas akademika yang lain.

Di samping itu, melalui Prof. Ingo Eilks mengungkapkan apresiasi dan kebanggaan untuk bermitra dengan Untirta sebagai salah satu dari beberapa universitas di dunia yang termasuk dalam PRESS project ini. Menurutnya, Untirta memiliki sumber daya manusia yang berkompeten sebagai bagian dari tim penelitian ini. Beliau juga mengungkapkan bahwa tidak banyak universitas, khususnya di Indonesia yang dapat menjadi salah satu universitas partner untuk proyek serupa. Prof. Ingo Eilks juga mengatakan bahwa ke depan Untirta akan menjadi mitra strategis untuk proyek penelitian interasional lainnya yang digagas baik oleh University of Bremen atau lainnya.
Kegiatan ini ditutup dengan diskusi ringan sekaligus penguatan kembali oleh Rektor Untirta terkait komitmen Untirta bersama mensukseskan Press project ini sampai tiga tahun ke depan. Selanjutnya, Rektor Untirta akan mengundang tim PRESS Project yang di ketuai oleh Dr. -Ing Robby Zidny untuk berkoordinasi guna memastikan kelancaran proses pelaksanaan program penelitian ini.(Humas/Untirta)