Untirta Manjadi Satu-Satunya Kampus yang Menerapkan Sistem Monitoring Perkembangan Pohon Berbasis Digital, Hasil Kerjasama dengan BCA

Posted on

Serang,-Untirta melalui UPT Smart and Green melaksanakan kegiatan Peluncuran dan Pelatihan Aplikasi Karlon Sistem Monitoring Pertumbuhan Pohon bekerjasama dengan BCA, bertempat di Ruang Multimedia, Kelas Terpadu Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Rabu (26/9/2023).

Hadir pada kesempatan tersebut Rektor Untirta Prof. Fatah Sulaiman beserta jajaran, tim BCA, tim UPT Smart and Green Campus, perwakilan panitia dies natalis ke-42, para tamu undangan dan para mahasiswa operator sistem monitoring pertumbuhan pohon.

Rektor Untirta Prof Fatah Sulaiman mengatakan bahwa ini merupakan awal yang baik bagi Untirta dan BCA, karena ini merupakan terobosan baru dalam hal sistem monitoring pertumbuhan pohon yang prosesnya melibatkan mahasiswa secara aktif berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Sistem ini diharapkan memberikan dampak positif bagi lingkungan kampus. “Harapannya bisa dilakukan dengan konsisten. Di sini dengan spirit mahasiswa semoga tetap terjaga untuk menjaga lingkungan”, ujar Rektor. Sistem kolaborasi ini harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab khususnya terhadap lingkungan dan ini harus menjadi komitmen yang kuat dari sivitas akademika Untirta.

Rektor juga menambahkan bahwa sistem ini merupakan ilmu yang sangat bermanfaat bagi institusi, terlebih ini juga dalam rangka dies natalia ke-42 Untirta. Komitmen menjaga lingkungan, memantau perkembangan pohon secara digital merupakan wujud nyata bahwa Untirta sangat peduli dengan kelestarian lingkungan khususnya di wilayah kampus.
Satria Utama dari BCA,
mengatakan ini merupakan peogram Bhakti BCA melalui CSR nya.
Program ini dimaksudkan untuk memantau perkembangan pohon yg telah ditanam di untirta, bekerja sama denhan Tim JEJAKIN yg merupakan perusahaan Startup skala Nasional yg utamanya bergerak dibidang lingkungan.
Diharapkan dengan memonitor perkembangan pohon nantinya akan dihitung berapa jumlah karbon yang dapat diserap dan hasilnya langsung dapat dilihat melalui Website secara Realtime.
Satria juga menegaskan, bahwa Untirta merupakan satu-satunya Kampus yg telah menerapkan program ini.
(TMA/HI/DZ/AAP/VDF)