Untirta Targetkan UI World Green Metrics Meningkat di Rangking ke-15

Posted on

Serang- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melalui UPT Smart and Green melangsungkan rapat koordinasi Smart and Green dan Sustainability Report di Convention Hall, Kampus Untirta Sindangsari, kabupaten Serang, Kamis (11/8/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., para Wakil Rektor, Pimpinan Dekanat dan unit dengan bahasan terkait bagaimana Untirta meningkatkan UIGM dan dalam rangka menuju kampus berkelas dunia yang mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan berbasis ramah lingkungan.

 

Sekretaris UPT Smart and Green Untirta Heri Haryanto, ST., MT. mengatakan, beragam upaya sudah dilakukan sebagai komitmen para pimpinan Untirta, menjadikan kampus Its Green guna memenuhi syarat dalam metode UIGM yakni seperti kemuktahiran infrastruktur (setting infrastructure), energi terbarukan dan ramah lingkungan (energy and climate change), pengelolaan sampah (waste), pengelolaan air (water), moda transportasi (transportation), pendidikan dan peneltiian (education and research).

 

“Saya yakin beberapa program sudah dilakukan juga di fakultas-fakultas hingga tiap prodi, hanya datanya saja belum diterima misal soal penanaman pohon, kemudian kegiatan green house serta soal pengelolaan sampah,” katanya.

 

“Saya belum melihat laporannya padahal nilainya tinggi sampai 200. Kalau memang ada usulan, itu bisa dikembangkan oleh fakultas pertanian sehingga bisa menunjang pendidikan, juga bisa menunjang UI World Green Metrics di EC7 ini,” ujarnya.,

 

Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., menjelaskan, green metrics upayanya harus terus dialirkan karena sesuai dengan visi misi Untirta yang konsisten dan komitmen untuk mengembangkan infrastruktur kampus yang terintegrasi smart and green.

 

”Kita juga diharapkan menjadi role model yang sehat. Kemarin saya diskusi langsung dengan Mensesneg Pak Pratikno mulai kita masukkan konsep kampus yang sehat smart dan green. Dari sisi target perangkingan, tahun lalu kita berada di posisi 22 nasional maka rasanya tidak muluk-muluk kita targetkan rangking ke-15 untuk tahun ini,” jelasnya.

 

“Sesuai dengan target visi misi kita, value JAWARA kita lurus saja niatnya jangan oleng dan mudah-mudahan ini memberikan tapak yang baik bagi kita,” tambahnya.(TMA/HI/AAP/VDF)