UI Green Metric World University Rankings, Untirta Raih The Best New Participating University

Posted on

Serang, (07/12/2020) – Mimpi Untirta Sebagai Smart and Green Campus di Indonesia dengan Visi terwujudnya sebagai Integrated Smart and Green (It’S Green) University yang Unggul, Berkarakter, dan  Berdaya Saing, di Kawasan ASEAN tahun 2030 perlahan namun pasti bakal tercapai. Pasalnya Untirta baru saja mendapat peringkat UI Green Metric ke-30 sebagai sustainable university in Indonesia dan sekaligus mendapat anugerah UI Green Metric sebagai The Best New Participating University. Tentunya raihan ini menjadi istimewa mengingat Untirta sebagai pendatang baru yang ikut serta dalam penilaian UI Green Metric.

Perlu diinformasikan sebelumnya UI Green metric merupakan acara publikasi tahunan pemeringkat universitas di seluruh dunia yang di inisiasi oleh Universitas Indonesia dan konsen terhadap komitmen serta tindakan yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi Nasional maupun Internasional dalam penghijauan dan keberlanjutan lingkungan. Setidaknya terdapat 6 indikator yang menjadi penilaian UI Green Metric diantaranya :

  1. Penataan dan Infrastruktur
  2. Energi dan Perubahan Iklim
  3. Limbah
  4. Air
  5. Transportasi
  6. Pendidikan dan Penelitian

Pada tahun ini UI Green Metric memberikan penilaian terhadap 88 perguruan tinggi se-Indonesia dan 912 Universitas se-Dunia dari 84 negara. Penganugerahan UI Green Metric dilakukan secara daring dengan dihadiri oleh 3 Kementerian yakni Menristekbrin, Mendikbud, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT dalam sekapur sirih saat menerima anugerah UI Green Metric tersebut menyampaikan terimakasih atas kepercayaan memberikan penghargaan sebagai  The Best New Participating University. “Ini menjadi energi yang berlipat ganda bagi kami dalam mewujudkan kampus kami yang terintegrasi smart and green yang Unggul, Berkarakter, dan  Berdaya Saing, di Kawasan ASEAN tahun 2030”. Ucapnya. Pada kesempatan itu Prof. fatah juga mengucapkan terimakasih kepada tim green metric untirta yang telah bekerja keras dalam meraih capaian ini. Lebih lanjut rektor menjelaskan bahwa prestasi ini menjadi kepercayaan yang menjadi beban untuk terus melanjutkan visi besar Untirta sebagai kampus berkelanjutan kelas dunia.

Ketua Tim Green Metric Untirta, Dr. Wahyu Susihono, ST.,MT saat dikonfirmasi mengatakan bahwa perolehan peringkat Untirta dalam UI Green Metric di luar perkiraan dirinya. “Awalnya pak rektor menargetkan peringkat 50 besar tapi ternyata masuk kedalam 30 besar sekaligus meraih ketegori The Best New Participating University, ini sungguh luar biasa bagi Untirta yang baru pertama kali ikut dalam penilaian UI green metric”.pungkasnya. Dr. Wahyu juga sempat menceritakan perjuangannya bersama tim dalam memenuhi 6 indikator yang diminta UI green metric dalam waktu yang sangat singkat yakni hanya selama 6 bulan. “awalnya kami ini hanya tim task force dan SK Rektor tentang tim green metric pun sempat mengalami perpanjangan, akhirnya dengan kondisi kami yang penuh keterbatasan dan waktu yang singkat kami kerjakan semaksimal mungkin dan Alhamdulillah hasilnya tidak begitu mengecewakan”Ungkapnya. Ia pun berharap kedepan peringkat Untirta dapat naik sejalan dengan penggunaan kampus  baru Untirta yang di Sindangsari. (RDB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *