Groundbreaking Green Kantin FT, Rektor “saya ingin seperti the breeze”

Posted on

Cilegon, (01/09/2020) – Visi Rektor yang akan mewujudkan untirta sebagai kampus yang integrated, smart, and green campus tampaknya mulai terlihat secara perlahan. Pada selasa (01/09) Prof. Dr. Fatah Sulaiman, MT secara resmi meletakkan batu pertama / groundbreaking pembangunan kantin fakultas teknik untirta di cilegon. Kantin yang digadang gadang akan memakai smart system dan green concept itu merupakan hasil kerjasama dengan Bank Muamalat Indonesia sebagai salah satu bentuk partisipasi / sumbangsih pada institusi pendidikan.

Menanggapi acara groundbreaking tersebut, Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr. Ing. Asep Ridwan, ST.,MT.,IPM selaku user mengatakan Kantin yang akan dibangun di lahan fakultas tehnik tersebut akan menjadi model kantin resik dan modern pertama sebagai percontohan kantin di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Kantin yang disponsori oleh Bank Muamalat ini juga akan didesign dengan nuansa islami. “Karena pihak sponsor dari bank syariah yakni muamalat tentunya kantin ini diberi nama kantin hijrah dengan nuansa islami yang harus hadir”.ujarnya. Dekan FT yang juga alumni Untirta ini diakhir sambutannya mengucapkan terimakasih terutama kepada rektor untirta dan Bank Muamalat atas komitmen bersama dalam proses pembangunan green kantin  yang merupakan bagian dari upaya implementasi kampus unggul yang integrated, smart, and green sesuai visi rektor.

Senada dengan Dekan Fakultas Tehnik, dalam sambutannya Rektor Untirta menyampaikan awal pembangunan kantin yang diinisiasi oleh wakil rektor bidang kerjasama dan pihak Bank Muamalat. “prosesnya hampir Sembilan bulan ya pak sejak bulan januari saya buka pintu untuk bank muamalat dan WR IV mudah mudahan berjodoh dan dengan  pertemuannya yang intensif Alhamdulillah hari ini kita akan groundbreaking”ungkap rektor. Prof Fatah juga menambahkan kantin tersebut nantinya akan dibangun dengan konsep green kantin untuk mendukung visi rektor. Seluruh infrastruktur yang ada dikampus untirta juga semangat membangunnya harus dengan 3 parameter yakni Integrasi, smart, dan green. Untuk itu selain dengan pembayaran secara cashless, kantin untirta yang di fakultas teknik juga akan menggunakan solar cell. Pengolahan limbah kantin pun tidak terlepas dari konsep green kantin.

Pada kesempatan yang sama Prof Fatah juga mengungkapkan adanya rencana peresmian green kantin Universitas yang berlokasi di Sindang sari bertepatan dengan dies natalis untirta tanggal 1 oktober nanti. “Pak Wr II sudah menyiapkan lahan kurang lebih 5000m2 memiliki pemandangan yang bagus, kalau di serpong itu seperti the breeze , nah saya ingin seperti itu”tutur rektor.

Pihak Bank Muamalat yang diwakili Kepala Muamalat Cabang Serang Firmansyah Safari mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya dapat bekerjasama dengan Untirta “karena bank muamalat merupakan bank syariah pertama yang diizinkan bekerjasama dengan untirta dan hampir 50% pegawai bank muamalat di cabang serang adalah alumni Untirta”ujarnya. Terkait kerjasama dengan untirta Firman mengatakan pihaknya tidak hanya ingin berkontribusi dalam pembangunan green kantin saja tetapi juga bank muamalat akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu. Kedepan ia berharap dapat terus bekerjasama dengan pihak Untirta dan dapat lebih baik lagi dalam memberikan kontribusi bagi untirta. (RDB)