Untirta Maksimalkan Pengisian Borang UI Green Metric

Posted on

Serang, 04 Agustus 2020 – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa melaksanakan kegiatan workshop penyiapan borang untuk upload ke UI Green Metric Word University Rankings. Kegiatan bertempat di ruang rapat Rektorat lantai 2 Untirta Kampus Pakupatan Kota Serang. Kegiatan tersebut dihadiri Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT, para Wakil Rektor, para Staf Ahli Rektor, Ketua LP3M, Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua dan sekretaris UPT Smart and Green, tim task force UI Green Metric Untirta, para duta smart and green Untirta dan tamu undangan lainnya. Narasumber kegiatan yaitu Ketua UI Green Metric Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM beserta Wakil Ketua Junaidi, MA. Pelaksanaan kegiatan dengan dua cara yaitu live dan daring.

Rektor Untirta dalam sambutannya menyampaikan bahwa Untirta memerlukan informasi dan super visi dari apa yang sedang Untirta siapkan, sekaligus sosialisasi kepada sivitas akademika Untirta dan persiapan upload data borang UI green metric yang telah disiapkan oleh tim task force. “Dijadwalkan kami akan mengupload dokumen borang UI green metric pada tanggal 15 Oktober 2020”, ujar Rektor. Diharapkan para narasumber dapat menshare paparan terkait dengan kebijakan strategis dari upaya pencapaian visi dan misi Rektor Untirta. ”Kami perlu masukan konstruktif dan harus selalu semangat dalam mencapai target visi dan misi Rektor periode 2019 – 2023 yaitu sebagai Untirta yang terintegrasi smart and green yang unggul, berkarakter dan berdayasaing ditingkat ASEAN tahun 2030 dengan value JAWARA” tegasnya. Rektor menambahkan bahwa Alhamdulillah Untirta saat ini berada pada ranking 57 Nasional versi webometric, meningkat tajam dari tahun 2019 yang berada di rangking 83. “Ini merupakan prestasi yang harus kita syukuri dan tingkatkan, tentu saja ini karena kerja keras bersama sivitas akademika Untirta dalam hal pengembangan website yang terintegrasi, oleh karena itu saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi meningkatkan ranking Untirta”, pungkasnya.

Selanjutnya koordinator tim task force UI Green Metric Untirta Dr. Ir. Wahyu Susihono, ST., MT., IPM memaparkan point per point isian yang ada dalam UI green metric secara detail. “Kami berharap sivitas akademika Untirta untuk bersama-sama melengkapi borang yang ada dalam isian”, ajaknya. Dengan komitmen bersama diharapkan Untirta dapat mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan harapan.

Ketua UPT Smart and Green Kampus Untirta Dr. Eng. Agung Sudrajad, ST., M.Eng menyampaikan  selayang pandang kampus Sindangsari yang sebentar lagi akan digunakan sebagai kampus Induk Untirta menggantikan kampus Pakupatan. “Pembangunan kampus Sindangsari memiliki tujuan menciptakan Universitas berskala internasional”, ujarnya. Ada dua konsep pemanfaatan lahan kampus Sindangsari yaitu :

  1. Kawasan dapat bersinergi dengan pembangunan kawasan.
  2. Pengambangan Smart neighborhood, salah satunya yaitu pengembangan pengembangan fungsi blok yang beragam.

Progres pembangunan Sindangsari saat ini sudah mencapai 87%. “InsyaAllah pada tanggal 16 November 2020 akan dilaksakanakan serah terima kunci kampus Sindangsari, kami meminta do’a dan dukungan dari semua pihak semoga diberikan kelancaran dan kemudahan”, ungkapnya.

Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM Ketua UI Green Metric menyampaikan bahwa Untirta terlihat memiliki komitmen kuat dalam menciptakan lingkungan yang baik dan hijau. “Untirta dengan segala yang diupayakan untuk mengisi dan melengkapi borang isian sangat kami apresiasi”, ujarnya. Untuk pengisian borang UI green metric merujuk pada pedoman yang telah ditetapkan. “Penilaian akan merujuk pada algoritma dan riviewer”, pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaikan materi dari Wakil Ketua UI Green Matric Junaidi, MA selaku Narasumber. “Green metric adalah perankingan perguruan tinggi di seluruh dunia untuk berkontribusi agar lingkungan kita menjadi lebih baik”, ujarnya. Dibuat dengan pola rangking agar perguruan tinggi terpacu dalam berkompetisi positif menjaga lingkungan khususnya dari perubahan iklim. “UI Green Metric ini boleh diikuti seluruh perguruan tinggi karena semua bertanggung jawab atas lingkungannya masing-masing”, tambahnya. Beliau merasa bangga kepada kampus Untirta yang walaupun tergolong baru namun telah menerapkan konsep smart, green dan sustainability kampus.